Contoh Kasus : Delay
Terparah Maskapai Penerbangan Lion Air
1. Apa yang terjadi
dalam kurun waktu satu tahun kebelakang diIndonesia yang Anda lihat di berbagai
media (Televisi/ Koran/ Internet), selain menjadi bahan pemberitaan, Andapun
tertarik akan masalah tersebut? (ingat, yang berhubungan dengan komunikasi atau
public relations)
- Salah satu pemberitaan yang pernah menjadi sorotan
media dan perbincangan publik adalah peristiwa delay terparah yang dialami oleh
salah satu maskapai penerbangan di Indonesia yaitu Lion Air pada Februari 2015
lalu.
2. Siapa aja yang terlibat dalam kasus itu, sehingga Anda tertarik mengambil masalah tersebut?
- Yang terlibat dalam
kasus ini tentunya para calon penumpang, pihak Lion Air, juga melibatkan Direktur
PT Angkasa Pura II, sampai Menteri Perhubungan Ignasius Jonan.
Saya tertarik dengan berita ini karena peristiwa
yang terjadi pada Lion Air ini adalah delay terparah sepanjang sejarah dan juga
begitu fenomenal. Hal ini dikarenakan para penumpang yang ada di Bandara
Soekarno Hatta Tangerang sempat terlantar, mengamuk, bahkan menutup akses pintu
bandara sebagai ungkapan kekesalannya. Selain itu, saya tertarik dengan berita
ini karena dapat kita jadikan sebagai acuan dan pembelajaran baik dari sisi
konsumen / penumpang maupun dari sisi kehumasan atau PR (public relations).
3. Kapan terjadi masalah atau kasus tersebut?
- Peristiwa ini terjadi pada hari Rabu, 18 Februari
2015 hingga Jumat, 20 Februari 2015. Padahal momen yang bertepatan dengan waktu
liburan Imlek atau tahun baru Cina tersebut sebagian besar hendak dimanfaatkan
para penumpang untuk berkumpul bersama keluarga.
4. Dimana tempat terjadinya masalah dan kasus tersebut?
- Delay Lion Air terparah tersebut
terjadi di terminal 1 dan 3 Bandara Soekarno Hatta Tangerang.
5. Mengapa kasus atau masalah tersebut terjadi menurut pemberitaan (data yang ada) dan menurut analisis (persepsi) Anda sendiri?
- Berdasarkan kabar yang beredar bahwa penumpukan
penumpang dan keterlambatan ini disebabkan oleh rusaknya 10 pesawat milik
maskapai Lion Air. Ada beberapa jenis kerusakan yang dialami pesawat-pesawat
mereka diantaranya Bird Strike dan Foreign
Object Debris (FOD). Birds stike atau biasa juga disebut dengan bird
hit atau bird aircraft strike hazard merupakan tabrakan antara
pesawat dengan hewan terbang seperti burung. Sedangkan Foreign Object
Debris (FOD) yaitu keberadaan benda-benda asing yang dapat merusak mesin
dan sistem pesawat, seperti puing dan partikel.
Menurut sudut pandang saya sendiri, masalah
ini terjadi karena bisa jadi memang beberapa pesawat Lion Air mengalami
kerusakan. Hal ini dapat terjadi dikarenakan kurangnya perhatian dan kecekatan
staff-staff Lion air dalam meneliti kesiapan pesawat. Mereka tidak teliti dalam
mengecek kesiapan pesawat, sehingga terus menerima jadwal terbang penumpang
tanpa melihat pesawat-pesawat yang siap dan layak terbang.
6. Bagaimana kiranya masalah atau kasus itu selesai? Kalau belum selesai, bagaimana kira-kiranya menurut Anda agar masalah atau kasus itu bisa cepat selesai?
- Langkah yang ditempuh
pihak Lion Air untuk menyelesaikan kasus ini yaitu dengan memberikan voucher
makan dan hotel bagi para penumpang yang mengalami keterlambatan. Selain itu,
bagi para calon penumpang yang ingin melakukan proses refund maka akan di-refund
secara penuh tanpa ada potongan. Sedangkan bagi para penumpang yang ingin
menjadwalkan ulang penerbangannya dapat melakukan re-booking kembali. Menteri
Perhubungan Ignasius Jonan juga membekukan rute baru mereka sampai bataw waktu
yang tidak bisa ditentukan, kemungkinan sampai Lion Air bisa memperbaiki sistem
mereka.
Karena masalah yang
dialami oleh Lion Air sangat merugikan nama baik dan bentuk keprofesionalan
maskapai mereka sangat dipertaruhkan.
- Maka menurut saya pribadi, pihak Lion Air pertama harus meminta maaf atas kesalahan yang terjadi, melakukan komunikasi yang baik dan memberikan penjelasan kepada penumpang dan public atas apa yang telah terjadi. Setelah itu, Lion Air harus segera memperbaiki sistem maupun kesiapan maskapai mereka, kinerja seluruh staff, dan juga berusaha memperbaiki brand mereka agar lebih baik dimata masyarakat. Pihak Lion air khususnya public relations harus sesegera mungkin menyiapkan strategi dan target-target yang akan dicapai kedepan untuk memulihkan kembali. Lion Air harus bisa membuktikan di mata publik maupun pemerintah khususnya Kementerian Perhubungan, bahwa Lion Air bisa bangkit kembali dan menunjukkan keunggulan serta pelayanan terbaiknya.
- Maka menurut saya pribadi, pihak Lion Air pertama harus meminta maaf atas kesalahan yang terjadi, melakukan komunikasi yang baik dan memberikan penjelasan kepada penumpang dan public atas apa yang telah terjadi. Setelah itu, Lion Air harus segera memperbaiki sistem maupun kesiapan maskapai mereka, kinerja seluruh staff, dan juga berusaha memperbaiki brand mereka agar lebih baik dimata masyarakat. Pihak Lion air khususnya public relations harus sesegera mungkin menyiapkan strategi dan target-target yang akan dicapai kedepan untuk memulihkan kembali. Lion Air harus bisa membuktikan di mata publik maupun pemerintah khususnya Kementerian Perhubungan, bahwa Lion Air bisa bangkit kembali dan menunjukkan keunggulan serta pelayanan terbaiknya.
PUTRI WAHYU F.
SEMESTER VI
MATA KULIAH RANCANGAN
DAN ANALISIS RISET PUBLIC RELATIONS
PROGRAM STUDI ILMU
KOMUNIKASI
UNIVERSITAS MAJALENGKA
VIDEO ABG AMOY SANGE BUGIL, LANGSUNG AJA GAN KLIK LINK INI UNTUK LIHAT VIDEONYA
BalasHapusHttps://needasia.com